Sastra Jawa Modern Pra kemerdekaan


Kesusastraan berasal dari kata dasar sastra. Kata sastra berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “sas” yang artinya mengajar dan “tra” yang artinya alat. Oleh karena itu sastra dapat diartikan sebagai alat untuk mengajar. Contoh: buku, pena, dan tulisan. Adapun kesusastraan bermakna: alat untuk mengajarkan ilmu dan buah karya yang disusun dengan bahasa yang baik. Adapun bentuk kesusastraan ada dua, yaitu: kesusastraan lesan yang berwujud dongeng, syair, puisi, peribahasa, dan lain-lain. Lalu ada kesusastraan tulis yang berwujud novel, naskah, babad, dan juga puisi, syair, dan lain-lain yang sudah ditulis.

Periode dan Karya Sastra Jawa Modern Pra Kemerdekaan
Pujangga adalah predikat yang diberikan kepada seseorang yang telah menciptakan atau menggubah suatu karya satra. Pada zaman Jawa-Budha dan Jawa-Hindu, Pujangga memperoleh julukan Empu, sedangkan pada zaman Jawa-Islam, pujangga memperoleh julukan Kyai. Itu sebabnya, mengapa dikenal nama Empu Tantular, Empu Prapanca, Empu Seda dan Empu-empu yang lainnya. Dikenal pula nama Kyai Jasadipura dan Kyai Ranggawarsito. Sebutan-sebutan Empu dan Kyai pada hakikatnya menyimpan konvensi yang aktual dan berlaku pada era zaman masing-masing. Perjalanan sastra Jawa yang berlangsung sangat panjang telah banyak diwarnai oleh pengaruh-pengaruh budaya asing yang datang ke tanah Jawa.

Pengaruh budaya luar yang paling menonjol dan turut mewarnai adalah budaya Hindu dari India, yaitu pada zaman Renaisan Jawa I antara abad VIII sampai abad XV (masa Jawa Budha dan Jawa Hindu); dan budaya Islam dari Arab, pada zaman Renaisan Jawa II antara abad XVI sampai awal abad XX. Pengaruh sastra Hindu dari India terhadap karya sastra Jawa ditandai dengan munculnya karya sastra Jawa kekawin dan kitab-kitab parwa. Karya ini banyak memakai kata-kata bahasa Sansekerta. Akibatnya, banyak karya sastra Jawa itu memuat ajaran agama Hindu. Bangsa India menilai kitab-kitab Hindu itu suci karena berisi ajaran religius seperti kitab Ramayana dan Mahabarata, mereka juga menilai bahwa kitab-kitab mereka juga berlaku pada masyarakat Jawa. Bahkan penamaan kitab-kitab sastra itu menunjukan penghormatan terhadap karya-karya tersebut.

Sementara itu, menjelang berakhirnya pemerintahan Majapahit, sekitar abad ke-15 sampai dengan abad ke-16 pengaruh agama Islam semakin meluas, sehingga muncullah karya-karya sastra yang bernuansa Islam. Karya sastra Jawa yang asalnya dari karya Kakawin menjadi sastra tembang, baik tembang macapat maupun tembang gede. Pada era selanjutnya, aspek historis dalam sastra Jawa semakin kuat dengan munculnya karya-karya babad (sastra sejarah) yang muncul pada pertengahan abad ke-17. Karya sastra Jawa sebelum abad ke-19, sejak kepujanggaan Yasadipura hingga Ronggowarsito kebanyakan berupa manuskrip. Pada akhir abad ke-19 sastra Jawa memasuki babakan baru sebagai pengaruh akibat budaya barat yang mana berakibat munculnya karya sastra modern dari berbagai jenis sastra atau genre sastra.

Pengaruh tersebut bersamaan dengan berlangsungnya pendidikan Eropa terhadap masyarakat Jawa. Pengarang sastra Jawa modern dipelopori oleh kalangan pendidik atau guru seperti Mas Kuswadiharjo, Raden Mas Wiryasusastro, Mas Reksatanaya, dan Mas Prawirasudirya. Pada masa itu karya sastra tersebut dimaksudkan sebagai bacaan para siswa sekolah. Sedangkan pada awal abad ke-20, karya sastra Jawa banyak yang berupa fiksi. Akan tetapi, fiksi tersebut masih terkesan mengutamakan pesan-pesan pendidikan. Pada abad itu pula balai pustaka juga menerbitkan  karya sastra dari kalangan non guru yang biasanya ditulis oleh pegawai pamong praja yang karyanya antara lain, Serat Panutan (Prawirasudirja), Rukun Arja (Samuel Martaatmaja), Kartimaya (Adisusastra), Isin Ngaku Bapa (Prawirasudirja), dan Darma Sanyata (Raden Ngabei Kartasiswaya). Sastra Jawa modern periode 1920 sampai dengan perang kemerdekaan memiliki kaitan sejarah dengan periode sebelumnya. Periode tersebut dapat dikatakan sebagai masa pertumbuhan genre Barat ke dalam Sastra Jawa.

Menurut Rass genre barat masuk kedalam sastra jawa sejalan dengan masuknya pengajaran Eropa kedalam masyarakat Jawa. Selain itu pemerintah kolonial secara perlahan-lahan berusaha mewujudkan sastra-sastra Jawa melalui lembaga-lembaga, baik yang murni pemerintah maupun swasta. Lembaga-lembaga ini amat berperan dalam usaha menyediakan bahan bacaan dan pengembangan sastra Jawa. Sastra Jawa sejak tahun 1920 sampai dengan perang kemerdekaan terus berkembang, hal ini ditandai dengan pengaruh dari sastra barat dalam bentuk pengenalan genre baru.

Karya Sastra Jawa Pada masa Hindu Budha, para raja memiliki hak-hak istimewa dalam pembinaan kesenian. Dari awal masa itu sampai dengan awal Majapahit, kesusastraan berbentuk kekawin, dimana kekawin tersebut hanya dihasilkan oleh raja-raja istana dan rumit. Contoh kekawin yang terkenal pada masa itu adalahRamayana, Kresnaya, Arjunawiwaha, Gatotkacasraya, Smaradahana, Sutasoma, Bharatayudha, Arjunawijaya.

Keterkaitan raja dengan karya-karya sastra tersebut dapat diketahui dari ada tidaknya ungkapan penghormatan dan penghargaan kepada raja yang tertulis di dalam karya-karya itu sendiri. Peranan istana raja dalam pembinaan seni suara dan tari pun tersirat dari kutipan karyua-karya sastra sejaman yang menceritakan betapa penyanyi dan penari yang baik diberi hadiah-hadiah berupa kain, cincin atau gelang oleh raja.

Keunggulan putri-putri raja, bahkan raja sendiri dalam berolah seni diceritakan dalam beberapa karya sastra masa Hindu Budha, baik yang berupa kekawin berbahasa Jawa kuno maupun yang berupa kidung berbahasa Jawa pertengahan. Salah satu contohnya adalah Hayam Wuruk dalam Negara Kertagama. Kemudian pada masa Islam, keterkaitan antara agama Islam dengan karya sastra Jawa adalah keterkaitan yang bersifat imperatif moral atau mewarnai dan menjiwai karya-karya sastra Jawa baru, sedangkan puisi (tembang/sekar macapat) dipakai untuk memberikan sarana berbagai petunjuk atau nasehat yang secara substansial merupakan petunjuk atau nasehat yang bersumber daripada ajaran Islam. Karya-karya sastra Jawa baru yang sering digunakan para pujangga keraton Surakarta (Sri Mangkunegara IV, R. Ngb. Ranggawarsita dan Susuhunan Pakubuwono IV) memakai puisi (tembang / sekar macapat) dalam menyusun karya-karya sastranya.

Contoh karya-karya sastra pujangga yang menggunakan puisi Jawa baru: (1) Sri Mangkunegara IV (serat-serat piwulang), karyanya antara lain Serat Warganya (1784), memakai tembang dandanggula berisi 10 bait; Serat Wirawiyata, memakai tembang sinom 42 bait dan tembang pangkur 14 bait; Serat Sriyatna, memakai tembang dhandanggula 15 bait;Serat Nayakawara,memakai tembang pangkur 21 bait dan tembang pangkur 12 bait; Serat Paliatma (1793), memakai tembang mijil 11 bait dan tembang pucung 11 bait; Serta Seloka Tama (1799), memakai tembang mijil 31 bait; Serat Dharmalaksita (1807), memakai tembang dhandanggula 12 bait, tembang kinanthi 18 bait dan tembang mijil 8 bait; Tembang Triparma,memakai tembang dhandanggula 7 bait dan tembang kinanthi 7 bait; Serat Wedhatama, memakai tembang pucung 15 bait, gambuh 25 bait, pangkur 14 bait dan sinom 18 bait. (2) karya-karya sastra R. Ngb. Ranggawarsita, antara lain Serat Kalatidamemakai tembang sinom 2 bait; Serat Sabjatimemakai tembang megathruh 19 bait; Serat Wedharagamemakai tembang gambuh 38 bait, Serat Sandhatamamemakai tembang gambuh 22 bait, (3) karya sastra Susuhunan Pakubuwana IV, diantaranya Sastra Wulangrehyang memakai tembang-tembang dhandanggula 18 bait, kinanthi 16 bait, gambuh 17 bait, pangkur 17 bait, maskumambang 34 bait, megatruh 17 bait, durma 12 bait, wirangrong 27 bait, pucung 23 bait, asmaradhana 28 bait, sinom 33 bait dan girisa 12 bait.

Sementara itu pada era modern, sebagaimana yang dijelaskan Linus dalam bukunya yang berjudul Dari Pujangga ke Pengarang Jawa, para pengarang sastra Jawa modern tidak berasal dari lingkungan kraton, bukan pula berdarah pujanga kraton, akan tetapi berasal dari wilayah pedesaan Jawa. Sesuai dengan trend zaman, mereka pun bergulat dalam kehidupan dan tantangan kongret, sehingga predikat yang tersemat di bahunya lebih tepat bila disebut pengarang urban. Mereka tidak memakai bahasa Sansekerta, tidak pula bahasa Jawa Kuna atau Jawa Kawi – bahkan huruf yang dipakai untuk menulis pun bukan huruf Jawa melainkan huruf Latin. Karya sastra yang muncul pada masa itu anara lain, Randha Guna Wacana karangan Surya Wijaya, Misteri Omah Lawas dan Pingget-pingget Katresnan cerbung karangan Mohammad Yamin, dan masih banyak lagi yang tidak bisa penulis

Ronggowarsito dan Karyanya
Masyarakat Jawa, khususnya pecinta budaya Jawa, sudah tidak asing atas kebesaran nama Raden Ngabei Ranggawarsita, seorang santri, ahli agama Islam, dan seorang pujangga penulis. Ronggowarsito seorang tokoh penting dalam penggubahan karya Jawa Kuno ke bahasa Jawa Baru. Ketika para Javanolog Belanda dan kaum bangsawan Jawa merintis pembentukan Kebudayaan Klasik Jawa. Ronggowarsito adalah narasumber bagi para Javanolog Belanda. Karena kepandaiannya ia diminta Universitas Leiden untuk menjadi guru besar bahasa Jawa di universitas ini, yang pada abad ke-19 sudah memiliki jurusan Javanologi. Namun Ronggowarsito menolak.

Ronggowarsito dikenal sebagai pujangga yang dengan sadar membuat jarak dengan pengetahuan dan metode berpikir Barat. Pada masa kecilnya ia punya kesempatan untuk mengikuti pendidikan sekolah formal pemerintah kolonial Belanda karena kedudukannya sebagai bangsawan. Namun orang tua pujangga ini memilih pendidikan pesantren. Ronggowarsito dikirim ke Pondok Gebang Tinatar yang dipimpin Kyai Imam Besari.

Ronggowarsito pujangga keraton terakhir pada periode perkembangan sastra Jawa di mana keraton masih menjadi pusat perkembangan. Sesudah masa Ronggowarsito sastra Jawa memperlihatkan pergeseran. Pemerintah colonial Belanda memasukkan prinsip-prinsip Barat ke berbagai institusi budaya pemerintah colonial yang kemudian menyaingi peran keraton sebagai pusat perkembangan budaya.
Dalam serat Sabdajati ada pesan Ranggawarsita yang sangat terkenal sebagai berikut.
Amenangi jaman edan
Ewuh aya ing pambudi
Melu edan nora tahan
Yen tan melu hanglakoni
Boya kaduman melik
Kaliren wekasanipun
Dilalah karsa Allah
Beja-bejane kang lali
Luwih beja kang eling lawan waspada
(Kalatidha, Sinom I/8)

Terjemahan:
Mengalami jaman edan
Serba sulit dalam pemikiran
Ikut menggila tidak tahan
Tetapi kalau tidak mengikuti
Aku mungkin tidak mendapat
Kelaparan akhirnya
Tetapi kehendak Tuhan
Seberuntung-beruntungnya orang yang lupa
Lebih beruntung yang ingat dan waspada.

Penggambaran keadaan zaman yang rusak, digambarkan dengan menggunakan pengimajian kata yaitu dengan sebutan jaman edan. Maksud tuturan jaman edan yaitu pada masa itu semua orang sudah berbuat seperti orang gila, tidak mempunyai rasa malu, semua hanya memikirkan kekayaan maupun kedudukan. Manusia yang selama t dari kerusakan moral dalam jaman edan, oleh Ranggawarsito dikonkritkan dengan kata-kata beja-bejane kang lali, luwih beja kang eling lawan waspada “seberuntung-beruntungnya yang lupa, lebih beruntung yang ingat dan waspada kepada Allah”. Itulah beberapa ajaran Islam yang termuat dalam serat Kalatidha, karya dari Ranggawarsita.
Ronggowarsito tercatat masih melakukan pembaruan sastra Jawa berdasarkan konsep-konsep lokal. Namun ia menyerap pula tradisi Barat antara lain dengan menuliskan karya sastra dalam bentuk prosa. Karena itu karya-karyanya menjadi salah satu corong sastra Jawa pertama yang didengar oleh dunia. Sepeninggalan Ronggowarsito tidak ada lagi pujangga yang terlihat mencolok sehingga sampai sekarang banyak yang menyangka bahwa tidak ada lagi pujangga sastra Jawa di era modern sekarang ini. Banyaknya penulis yang menghasilkan karya sastra Jawa sekarang ini rupanya belum cukup untuk membuat karya-karya sastra Jawa dikenali oleh masyarakat umum. Walaupun ini juga kesalahan dari masyarakat yang sekarang sulit sekali membaca (minimnya budaya literasi), tetapi sebagai sastrawan kita juga harus berperan aktif membangun masyarakat agar mempunyai minat baca yang tinggi.

Karya Sastra Jawa Pra Kemerdekaan di Beberapa Daerah
Seni sastra pada masyarakat Bali biasanya ditulis pada batu, tembaga, logam, atau daun lontar yang memakai bahasa Jawa Kuna dengan menggunakan Aksara Bali. Namun sesuai perkembangan jaman dan akibat dari datangnya bangsa asing khususnya Bangsa Belanda ke Indonesia, maka kertas mulai banyak dipergunakan untuk menulis karya sastra. Walaupun dalam penulisan ini tetap menggunakan Bahasa Jawa Kuna yang telah memakai aksara Latin.
Penulisan karya sastra yang disebut naskah kuna pada masyarakat Bali dapat berupa catatan sejarah yang menggambarkan kehidupan masyarakatnya sejak sebelum kemerdekaan. Catatan kehidupan ini kemudian menjadi saksi bagi masyarakat generasi penerusnya, karena di dalamnya terkandung banyak nilai-nilai kehidupan yang luhur dan dapat dijadikan sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat serta menjadi identitas diri bagi orang Bali. Isi dari naskah kuna ini seringkali berkaitan erat dengan agama Hindu dan adat istiadat masyarakat Bali. Naskah kuna Bali ada dalam bentuk yang bermacam-macam, diantaranya kakawin, geguritan, dan kidung.

Sumber Referensi
Astuti, Renggo, dkk. 1998. Kajian Nilai Budaya Naskah Kuna Kakawin Aji Palayon. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Ras, J.J. 1985. Masyarakat dan Kesusastraan di Jawa. Jakarta: Buku OBOR.
Rochkyatmo, Amir. 1996/1997. Pelestarian dan Modernisasi Aksara Daerah: Perkembangan Metode dan Teknik Menulis Aksara Jawa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Supangkat, Jim. 2006. Ikatan Silang Budaya: Seni Serat Biranul Anas. Bandung: Art Fabrics.


Komentar

  1. ini (Bukan) Tokoh Sastra Jawa Pra Kemerdekaan

    Masyarakat Jawa, khususnya pecinta budaya Jawa, sudah tidak asing atas kebesaran nama Raden Ngabei Ranggawarsita, seorang santri, ahli agama Islam, dan seorang pujangga penulis. Ronggowarsito seorang tokoh penting dalam penggubahan karya Jawa Kuno ke bahasa Jawa Baru. Ketika para Javanolog Belanda dan kaum bangsawan Jawa merintis pembentukan Kebudayaan Klasik Jawa. Ronggowarsito adalah narasumber bagi para Javanolog Belanda. Karena kepandaiannya ia diminta Universitas Leiden untuk menjadi guru besar bahasa Jawa di universitas ini, yang pada abad ke-19 sudah memiliki jurusan Javanologi. Namun Ronggowarsito menolak.

    Ronggowarsito dikenal sebagai pujangga yang dengan sadar membuat jarak dengan pengetahuan dan metode berpikir Barat. Pada masa kecilnya ia punya kesempatan untuk mengikuti pendidikan sekolah formal pemerintah kolonial Belanda karena kedudukannya sebagai bangsawan. Namun orang tua pujangga ini memilih pendidikan pesantren. Ronggowarsito dikirim ke Pondok Gebang Tinatar yang dipimpin Kyai Imam Besari.

    Ronggowarsito pujangga keraton terakhir pada periode perkembangan sastra Jawa di mana keraton masih menjadi pusat perkembangan. Sesudah masa Ronggowarsito sastra Jawa memperlihatkan pergeseran. Pemerintah colonial Belanda memasukkan prinsip-prinsip Barat ke berbagai institusi budaya pemerintah colonial yang kemudian menyaingi peran keraton sebagai pusat perkembangan budaya.
    Dalam serat Sabdajati ada pesan Ranggawarsita yang sangat terkenal sebagai berikut.
    Amenangi jaman edan
    Ewuh aya ing pambudi
    Melu edan nora tahan
    Yen tan melu hanglakoni
    Boya kaduman melik
    Kaliren wekasanipun
    Dilalah karsa Allah
    Beja-bejane kang lali
    Luwih beja kang eling lawan waspada
    (Kalatidha, Sinom I/8)

    Terjemahan:
    Mengalami jaman edan
    Serba sulit dalam pemikiran
    Ikut menggila tidak tahan
    Tetapi kalau tidak mengikuti
    Aku mungkin tidak mendapat
    Kelaparan akhirnya
    Tetapi kehendak Tuhan
    Seberuntung-beruntungnya orang yang lupa
    Lebih beruntung yang ingat dan waspada.

    Penggambaran keadaan zaman yang rusak, digambarkan dengan menggunakan pengimajian kata yaitu dengan sebutan jaman edan. Maksud tuturan jaman edan yaitu pada masa itu semua orang sudah berbuat seperti orang gila, tidak mempunyai rasa malu, semua hanya memikirkan kekayaan maupun kedudukan. Manusia yang selama t dari kerusakan moral dalam jaman edan, oleh Ranggawarsito dikonkritkan dengan kata-kata beja-bejane kang lali, luwih beja kang eling lawan waspada “seberuntung-beruntungnya yang lupa, lebih beruntung yang ingat dan waspada kepada Allah”. Itulah beberapa ajaran Islam yang termuat dalam serat Kalatidha, karya dari Ranggawarsita.
    Ronggowarsito tercatat masih melakukan pembaruan sastra Jawa berdasarkan konsep-konsep lokal. Namun ia menyerap pula tradisi Barat antara lain dengan menuliskan karya sastra dalam bentuk prosa. Karena itu karya-karyanya menjadi salah satu corong sastra Jawa pertama yang didengar oleh dunia. Sepeninggalan Ronggowarsito tidak ada lagi pujangga yang terlihat mencolok sehingga sampai sekarang banyak yang menyangka bahwa tidak ada lagi pujangga sastra Jawa di era modern sekarang ini. Banyaknya penulis yang menghasilkan karya sastra Jawa sekarang ini rupanya belum cukup untuk membuat karya-karya sastra Jawa dikenali oleh masyarakat umum. Walaupun ini juga kesalahan dari masyarakat yang sekarang sulit sekali membaca (minimnya budaya literasi), tetapi sebagai sastrawan kita juga harus berperan aktif membangun masyarakat agar mempunyai minat baca yang tinggi.

    BalasHapus
  2. Menurut saya dalam artikel ini, masih banyak membahas sastra Jawa tengahan maupun klasik. Padahal dalam judul tertulis sastra Jawa modern pra kemerdekaan sehingga perlu diperbaiki dan diulas lebih mendalam tentang sastra Jawa modern pra kemerdekaan. (Gillian Cahya sintani)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Sastra Jawa Modern Pra Kemerdekaan

Sastra Jawa Modern Pra Kemerdekaan